Sejarah
Diposting tanggal: 25 Maret 2012

A.    Latar Belakang Berdirinya

Usaha pendirian Yayasan Manbaul Ulum merupakan manifestasi dari pengorganisasian dan pemersatu seluruh kegiatan keagamaan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan yang ada di Desa Mojopurogede Bungah Gresik. Merupakan tuntutan dari dunia pendidikan yang ada di Mojopurogede seiring dengan laju dan berkembangnya dunia pendidikan yang ada di Indonesia, maka perlu lembaga yang mengurusi pendidikan tersebut yang mempunyai kekuatan hukum (berbadan hukum). Atas prakarsa dari tokoh-tokoh masyarakat, pengurus madrasah maka tanggal 26 Maret 1985 terbentuklah yayasan yang diberi nama “Yayasan Manbaul Ulum” dengan aktenotaris NY. Nur Laily Adham Nomor 34/III/1985yang diketuai Moh. Yunus Yahya.

Adapun badan pengurus yang melaksanakan kegiatan sehari-hari antara lain:

Ketua I                        : Moh. Khotim Junaidi , SH

Ketua II          : Muhammad Misbah

Sekretaris I      : Muhammad Musbihin

Sekretaris II    : Musalafah

Bendahara I    : Muhaimin Yahya

Bendahara II   : Muslihan

 

B.     Tujuan Pendirian Yayasan

Yayasan ini didirikan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:

1.      Mendirikan dan mengolah lembaga-lembaga sosial dan keagamaan (khususnya di daerah Mojopurogede dan di daerah lain pada umumnya) seperti baitul maal, Panti Asuhan, Balai Kesehatan dan lain-lain.

2.      Mendirikan dan mengolah lembaga pendidikan dari tingkat Taman Kanak-Kanak  (TK) sampai dengan Perguruan Tinggi, Majlis Ta’lim, Perpustakaan, yang khusus untuk bidang pendidikan ini berada dalam naungan lembaga pendidikan Ma’arif /cabang Gresik.

3.      Mencetak dan memperbanyak buku-buku ilmu pengetahuan.

4.      Menempuh usaha-usaha lain yang sesuai dengan undang-undang merupakan tujuan yayasan ini.

         

C.    Perkembangan

Dunia pendidikan yang dikelolah Yayasan Manbaul Ulum dari tahun ke tahun semakin berkembang, hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah siswa baru yang masuk pada Madrasah Tsanawiyah sehingga pengurus memperluas bangunan gedung barat sebanyak satu lokl dan mushollah.

Pada tahun 1987 Madrasah Tsanawiyah telah meluluskan periode kedua dengan hasil memuaskan. Pada periode tersebut Madrasah Tsanawiyah berhasil meraih predikat juara teladan putri kedua atas nama “MUAWIYAH” binti Yazid.

Semakin banyaknya lulusan Madrasah Tsanawiyah dan SLTP di sekitar Mojopurogede yang ingin melanjutkan studinya kejenjang yang lebih tinggi maka berkat pemikiran dari para guru dan pengurus maka diadakan rapat bersama untuk membahas persiapan pendirian Madrasah Aliyah Manbaul Ulum. Atas kesepakatan bersama, pada tanggal 15 mei 1988 resmilah berdirinya Madrasah Aliyah dan para pengelolah : Muhammad Hamdan, Mutaroqib, Drs. Sholeh Hasan, Drs. Yunus Hasan, Zuhdi Salim, BA., Masing-masing bertugas sebagai kepala sekolah, Waka kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat. Adapun tahun pertama penerimaan murid baru memperoleh 31 siswa.

Berkat kerja keras pengurus Yayasan Manbaul Ulum maka rapat badan pengurus tanggal 30 Januari 1989, terbentuk Panti Asuhan yang diberi nama “HASANUDDIN” dengan pengurus harian : M. Machin R., M. Chuzaenan, masing-masing bertugas sebagai sekretaris dan wakil sekretaris, dan M. Marlan sebagai bendahara.

Panti Asuhan ini menempati rumah Ust. M. Maksum K, dekat dengan masjid Assyahidin Mojopurogede dengan penghuni 10 anak dengan kegiatan belajar menulis dan membaca huruf arab.

Pada tahun 1989 diadakan refreshing badan pengurus dikarenakan banyaknya anggota pengurus yang meninggal dunia dan tidak dapat aktif lagi, maka tersusunlah pengurus baru sebagai berikut :

Ketua I                        : H. Moh. Yunus Yahya

Ketua II          : Khotim Junaidi, SH.

Sekretaris I      : Muhammad Mutaroqib

Sekretaris II    : Muhammad Nafik

Bendahara I    : Muhammad Maksum K.

Bendahara II   : Muhammad Mahfudh Ac.

Bendahara III : Nasifah, BA.

Pendidikan      : 1. Drs. Arifin

                          2. Drs. Zuhdi Salim

Agama             : 1. Musbihin

                          2. Musalafah

                          3. Arwan

Dana                : 1. Muhammad Nafil

                          2. Muslikhan

                          3. Achmad Suyanto

Selanjutnya dengan adanya peraturan pemerintah PP Nomor 22 Tahun 2001 tentang Undang-undang yayasan yang berbunyi “setiap yayasan harus melaporkan hasil kekayaannya kepada negara secara berkala”, maka agar tidak terikat dengan peraturan tersbut pada tahun 2002 nama Yayasan Manbaul Ulum dirubah menjadi Pesantren Manbaul Ulum.

Pada tahun 2009, terjadi reformasi kepengurusan Pesantren Manbaul Ulum. Maka pada tanggal 27 Spetember 2009 bertempat di rumah Bapak H. Maksum K, S.Ma., terbentuklah susunan pengurus periode 2009-2014 seperti sekarang.